Menakjubkan ! Skor 4 – 1 Menjadikan SMA Labsky Juara Umum dalam “Brain Battle” di @america

Perwakilan tim SMA Labsky, Arvand Gheysar Harashta XII MIPA 6 didampingi oleh Bapak Fiqih Nurdiansyah menerima piala dan sertifikat juara umum pada Brain Battle @america. (SMALabsky/Ms.FA)

 

SMA Labschool Kebayoran meraih juara umum dalam “Brain Battle” yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Amerika Serikat di @america di Pacific Place Jakarta, Selasa 23 Juli 2024. Dari 5 pertandingan “Brain Battle”, SMA Labsky berhasil memenangkan 4 pertandingan melawan SMAN 8 Jakarta. 5 pertandingan tersebut adalah Friendly Feud, American Trivia, Spelling Bee, Geography Bee, dan Fact Check.

SMA Labsky mengirim 4 peserta pada masing-masing perlombaan. 20 siswa-siswi yang terpilih sebagai perwakilan peserta telah terlebih dahulu melewati proses seleksi yang diuji oleh bapak ibu guru pada bidang-bidang terkait. Kriteria calon peserta yang terpilih diantaranya harus memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik, dan pemahaman serta penguasaan yang sangat baik untuk perlombaan dengan bidang khusus seperti Sejarah, Geografi, Kebudayaan dan pengetahuan umum seputar Amerika dan Indonesia.

Pertandingan pertama yang dimainkan adalah Friendly Feud. Dalam pertandingan ini, peserta harus memberikan jawaban dengan poin tertinggi untuk pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan kebudayaan Amerika dan Indonesia. Dalam perlombaan ini, tim SMA Labsky yang terdiri dari Arvand Gheysar Harashta XII MIPA 6, Kaylilla Isnadira XII MIPA 4, Caroline Amberlie Haya XII MIPA 2, dan Danish Althaf Zulnasri XII MIPA 2 berhasil unggul 60 poin dari SMAN 8 Jakarta.

Tim SMA Labsky berhasil memenangkan permainan Friendly Feud melawan tim SMAN 8 Jakarta. (SMALabsky/Ms.FA)


Arvand, sebagai perwakilan peserta mengungkapkan, “Our preparations were very minimal. We headed straight to the competition feeling underprepared but excited for the challenge. However, we firmly believed that we could win this competition. Thankfully, we were able to win our category. We were very grateful for all the supporters and the teachers that came to support and cheer us on, and we wouldn’t have felt as confident without them”. Walau dengan waktu persiapan yang tidak banyak, Arvand dan tim bersyukur dapat memenangkan kategori lomba ini. Tentunya kemenangan ini tidak luput dari dukungan teman-teman supporter dan bapak ibu guru sehingga mereka merasa percaya diri dan yakin dapat memenangkan perlombaan.

Pertandingan selanjutnya adalah American Trivia. Para peserta lomba diuji pemahamannya terkait Sejarah, Geografi, Kebudayaan, dan pengetahuan terkait Amerika dalam bentuk pertanyaan pilihan ganda. Tim SMA Labsky yang diwakili oleh Kevin Maulana Ramadhan XI-G, Khalif Ali Husain XI-I, Anjani Artika Larasati XII MIPA 3, dan Zara Malika Andya XII IPS 1 belum berhasil memenangkan pertandingan ini.

Kemudian, Spelling Bee menjadi permainan ketiga yang ditandingkan. Dalam permainan ini, tim peserta harus mengeja huruf dengan benar dalam 3 ronde. Terdapat 9 kategori kelompok kata dengan 10 kata di setiap kategorinya, diantaranya Science and Technology, Literature and Art, Medicine and Health, Law and Government, History and Geography, Business and Economics, Philosophy and Psychology, Nature and Environment, Music and Performing arts. Pertandingan ini berjalan cukup sengit. Tim SMA Labsky yang diwakili Muhammad Faiz Alfajri XI-G, Hana Tiara Sakti XII MIPA 2, Shakila Naira Indrayana XI-E, dan Ashyla Shakina Ajrina Ramdhan XII IPS 1 sempat tertinggal 80 poin. Namun, di kesempatan terakhir, tim SMA Labsky berhasil merebut kemenangan dengan mengeja 10 kata secara benar dalam kategori Science and Technology yang mereka pilih sehingga memenangkan pertandingan ini.

Babak permainan selanjutnya adalah Geography Bee. Tim perwakilan SMA Labsky dalam pertandingan ini adalah siswa-siswa terpilih yang masuk ke dalam tim perlombaan Olimpiade Sains Nasional (OSN). Mereka adalah Kaleb Iash Elnathan Naibaho XI-C, Rayyan Anantara Abdullah XI-G, Kentaro Nareswara Putra Aji XII MIPA 4, dan Arkha Enzy X-I. Ada 10 pertanyaan seputar pengetahuan Geografi Indonesia dan Amerika. Tim SMA Labsky memenangkan permainan ini dengan berhasil menjawab 6 dari 10 pertanyaan.

Di permainan terakhir, Fact Check, tim peserta harus mengidentifikasi True or False pada pernyataan seputar pengetahuan Sejarah, Tokoh Terkenal, dan Hubungan kedua negara Indonesia dan Amerika. Eoceni Ullie Maruwai XII MIPA 4, Lintang Fajar Maliki XII IPS 3, Naya Nafila XI-H, dan Davina Jordan XII IPS 3 sebagai perwakilan tim dari SMA Labsky berhasil meraih kemenangan dengan skor 70 vs 30 melawan SMAN 8 Jakarta.

Seluruh tim perserta lomba perwakilan SMA Labsky didampingi guru pembimbing Ibu Febria Afia dan Bapak Fiqih Nurdiansyah berfoto bersama. (SMALabsky/Ms.FA)


Pertandingan ini memberikan semangat juga motivasi kepada peserta dan supporter yang mengikuti acara “Brain Battle” ini untuk terus belajar dan berkompetisi di perlombaan-perlombaan selanjutnya. Labsky! Juara!

 

Dokumentasi