PROGRAM KEGIATAN SISWA

0
Jumlah Siswa
0
Kelas x
0
Kelas XI
0
Kelas XII

SIFAT PROGRAM

PROGRAM WAJIB

Program wajib adalah program yang wajib diikuti siswa selama menjadi peserta didik di SMA Labschool Kebayoran. Program ini mengikat semua siswa untuk diikutsertakan dalam pelaksanaannya karena berpengaruh pada kelulusan, baik siswa reguler, akselerasi atau pindahan.  Program ini lebih mengarah pada pembinaan mental, spiritual, watak, dan kepemimpinan khas siswa Labschool.

PROGRAM PILIHAN

Program pilihan adalah program yang wajib dipilih siswa sebagai syarat untuk mengikuti suatu program lanjutan dan program yang memiliki pengaruh pada penilaian akademis. Program ini berfokus pada manajemen kepemimpinan siswa dan pengembangan diri.

PROGRAM TAMBAHAN

Program tambahan adalah program yang dilaksanakan pada jangka waktu tertentu, tidak mengikat siswa secara individual, tetapi lebih pada kegiatan kelompok. Program ini menekankan pada aspek keterampilan komunikasi dan jasmani.

PROGRAM BUDAYA SEKOLAH

Program budaya sekolah adalah program yang wajib diaktualisasikan oleh peserta didik selama proses belajar di sekolah. Program ini menekankan pada implementasi hasil pembinaan keagamaan dan kedisiplinan.

DESKRIPSI PROGRAM

program Wajib

MPLS

Pengenalan Lingkungan Sekolah selanjutnya disingkat PLS merupakan serangkaian kegiatan pertama masuk sekolah pada setiap awal tahun pelajaran baru yang berlangsung selama tiga hari.

BINTAMA

Bintama merupakan kegiatan pengembangan diri siswa yang berorientasi pada aspek kepemimpinan, keberanian bersikap, ketepatan bertindak, dan kerjasama serta kedisiplinan dalam kehidupan.

TRIP OBSERVASI

Trip Observasi (TO) adalah salah satu kegiatan pengembangan diri siswa yang dilaksanakan di luar lingkungan sekolah dalam rangka membangun watak, kerjasama dan saling menghargai.

EKSTRAKURIKULER

Ekstrakurikuler (Ekskur) adalah kegiatan pengembangan diri yang menunjang keberhasilan peserta didik yang berorientasi pada keilmuan, keterampilan, dan olahraga. Ekstrakurikuler tidak sekedar suplemen, tetapi juga bervisikan profesional.

RETRET

Retret adalah salah satu program kegiatan keagamaan Kristiani yang membentuk siswa-siswi menjadi manusia yang berspiritual sungguh baik.

BINTAQ

BINTAQ adalah kegiatan keagamaan bagi siswa Muslim yang dilaksanakan pada bulan Ramadhan atau menyesuaikan kondisi yang berfungsi untuk memberi kemantapan siswa menghadapi problema kehidupannya.

program Pilihan

Lapinsi

Lapinsi adalah kegiatan yang berorientasi pada pembentukan jiwa kepemimpinan siswa dalam rangka membangun manusia mandiri, kreatif, dan organisatoris.

Tes Potensi Organisasi (TPO)

Tes Potensi Organisasi adalah seleksi calon pengurus OSIS dan Peserta TPO adalah siswa kelas sepuluh (X)

Pemilihan Ketua Umum OSIS (PEMILOS)

Pemilos adalah kegiatan pemilihan Calon Ketua OSIS yang dilakukan oleh seluruh anggota OSIS secara jujur, adil, dan terbuka. Pemilos diawali dengan kampanye yang dilalukan oleh juru kampanye masing-masing Calon Ketua OSIS.

Pelantikan Pengurus OSIS & MPK

Pelantikan pengurus OSIS dan MPK adalah proses akhir dari kegiatan pembentukan Pengurus OSIS dan MPK, Peserta pelantikan adalah seluruh Calon Pengurus OSIS dan Calon Pengurus MPK.

program budaya Sekolah

budaya salam

Budaya salam adalah kebiasaan memberikan salam, baik yang ditetapkan dalam agama Islam berupa "Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh" maupun ucapan lain yang dianggap sah menurut agama dan atau budaya Bangsa Indonesia. Ucapan salam disampaikan di depan pintu gerbang ketika masuk sekolah atau setiap berpapasan dengan siapapun dalam lingkungan sekolah. Ucapan salam dapat diikuti dengan jabat tangan dan berdasarkan beberapa kondisi juga boleh dilakukan tanpa jabat tangan.

Shalat Berjamaah

Shalat berjamaah adalah shalat yang dilakukan secara bersama-sama oleh semua warga sekolah untuk meningkatkan tali silaturrahmi, namun yang terpenting meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah. Dari lima shalat wajib maka yang dilaksanakan secara berjamaah di sekolah adalah shalat dzuhur.

Tadarus Alquran

Tadarus Al Quran adalah kegiatan berupa pembacaan Al Quran dengan surat dan ayat yang telah ditentukan. Kegiatan ini dilakukan pada hari Senin dan Kamis dipimpin oleh penasehat akademis maupun guru.

Saat Teduh

Saat Teduh adalah kegiatan siswa yang diadakan pada pagi hari sebagai saat yang khusus untuk mengawali hari, isi peribadatannya adalah nyanyi, doa membaca Alkitab dan merenungkannya. Saat Teduh dapat juga dipahami sebagai waktu yang khusus untuk Tuhan.

Kebaktian Refleksi

Kebaktian refleksi adalah bentuk kegiatan yang berisi muatan- muatan peribadatan yang secara Oikumene merenungkan firman Tuhan dan merefleksikan firman Tuhan itu dalam tindakan nyata.

Keputrian

Keputrian adalah kegiatan wajib bagi para siswi SMA Labschool Kebayoran berupa pendidikan keagamanan dan keterampilan keputrian.

Penegakan tata Tertib

Tata tertib adalah aturan yang harus ditaati oleh seluruh siswa SMA Labschool Kebayoran. Tata tertib terbagi dalam dua bagian, yaitu tata tertib umum dan khusus.

Perayaan Hari Besar Kristiani

Natal adalah peringatan hari kelahiran Yesus Kristus 2. Paskah adalah peringatan hari Kebangkitan Kristus sebagai bukti kemenanganNya atas kematian menebus dosa umat manusia.

Perayaan hari Besar Islam

Perayaan hari besar keagamaan adalah peringatan yang dilaksanakan dalam rangka mengambil hikmah yang terkandung dalam perayaan tersebut dan berupaya mengaktualisasikannya dalam kehidupan sehari-hari agar semangat peristiwa tersebut tetap dimiliki oleh generasi muda.

Peringatan hari Besar Nasional

PHBN adalah kegiatan memperingati peristiwa nasional yang terjadi berdasarkan catatan sejarah nasional.

Upacara Bendera

Upacara bendera adalah kegiatan upacara yang dilakukan sehubungan dengan peristiwa penting atau ketentuan yang ditetapkan sekolah.

Wisuda

Prosesi tuntasnya kegiatan pembelajaran di SMA Labschool Kebayoran, ditandai dengan ketercapaian kompetensi di setiap materi pelajaran.

program Tambahan

Class Meeting

Class meeting adalah kegiatan lomba antar kelas berbentuk olahraga atau seni.

Bulan Bahasa

Bulan bahasa adalah kegiatan apresiasi terhadap bahasa Indonesia berupa kebahasaan ataupun kesastraan.

Majalah Sekolah

Majalah sekolah adalah majalah yang diterbitkan pihak sekolah dengan ketentuan, aturan, dan isi ditetapkan pihak sekolah.

Penerbitan Buku Tahunan

Majalah sekolah adalah majalah yang diterbitkan pihak sekolah dengan ketentuan, aturan, dan isi ditetapkan pihak sekolah.

Majalah Dinding

Mading adalah majalah dinding yang diterbitkan pihak sekolah dan ditempatkan pada tempat yang strategis di lingkungan sekolah.

Follow Us