TRIP OBSERVASI 2024 HARI KE-2

TRIP OBSERVASI 2024 HARI KE-2

Hari kedua TO (18/10/2024) dimulai dengan peribadatan peserta TO, baik Muslim maupun Kristen pada jam 4 pagi. Kemudian mereka berolahraga pagi mulai jam 6 sampai 7 pagi. Peserta TO melakukan lari pagi mengelilingi desa untuk menyehatkan badan. Untuk mempererat ikatan tali perasudaraan, beberapa peserta TO bermain sepak bola dengan pemuda karang taruna. Hasil akhirnya dimenangkan oleh karang taruna. Meskipun begitu, baik peserta TO maupun karang taruna bermain sepak bola dengan perasaan riang dan senang.

Setelah berolahraga, mereka segera kembali ke rumah masing-masing untuk bersih diri dan sarapan. Pada jam 08.30 WIB, peserta TO segera pergi ke tempat presentasi untuk mengikuti babak penyisihan hasil penelitiaan. Mereka waswas menunggu gilirannya.

Dari 38 kelompok, ada 5 kelompok yang berhasil mengikuti babak final. Kelompok yang berhasil menjadi finalis adalah kelompok 14, 12, 20, 22, dan 33. Ada juga kelompok yang display presentasinya terbaik. Kelompok yang berhasil finalis display terbaik ada kelompok 14, 16, 8, 21, dan 31. Kelima kelompok tersebut akan dipilih siapa yang terbaik oleh juri.

Jam 1 siang, peserta TO diarahkan ke lapangan untuk mendengarkan presentasi finalis penelitian yang akan dilaksanakan di atas panggung. Semua peserta TO menyaksikan final presentasi dengan antusias. Mereka memberikan pertanyaan yang menarik kepada setiap finalis. Para juri yang terdiri dari 3 guru, masing-masing dari satu OSIS dan MPK.

Saat yang bersamaan, OSIS bagian Kesehatan Masyarakat membantu baksos kesehatan mata yang dilaksanakn di depan majelis pengajian Desa Bojong Timur. Warga Desa Bojong Timur dapat memeriksakan mata mereka dan akan mendapat kacamata secara gratis.

Saat jam 3 sore, peserta TO melanjutkan penampilan lintas budaya di lapangan. Kali ini ada penampilan dari kelompok suku Betawi, Jawa, dan Sunda. Mereka memberikan penampilan dengan semangat dan sangat menarik.

Pada jam 6 sore, peserta TO segera bergegas ke tempat ibadah masing masing. Peserta TO Muslim ke masjid, yang Kristen ke rumah W, dan Hindu Buddha ke rumah X.

Hari ini diakhiri dengan penampilan lintas budaya dari kelompok suku Madura,  Baduy, dan Bali. Setelah penampilan lintas budaya, terdapat pentas seni dari peserta TO. Mereka berhasil membuat penonton tidak mengantuk. Pada jam 11 malam, peserta TO kembali ke rumah masing-masing untuk beristirahat.

(Penulis:Sekar Rasikah Syahidah/XI-I)