Arah pengembangan kerjasama
Labschool didasarkan kepada
prinsip keberlanjutan dan
mempertimbangkan potensi
Labschool baik sebagai sekolah
yang didasarkan pada peran
sebagai laboratorium
pendidikan Universitas Negeri
Jakarta (UNJ) maupun sebagai
sekolah sekolah sawasta nirlaba
yang bermutu berintegritas
maupun.
SEKOLAH BERMUTU DAN
BERINTEGRITAS
Sekolah bermutu dan
berintegritas terkait dengan
bagaimana Labschool
mempertahankan standar mutu
dan kualitas kepada jejaring:
peserta didik, orang tua,
masyarakat dan pemangku
kepentingan.
perubahan mutu pendidikan
masyarakat dan leading sektor
dalam Pendidikan di Indonesia.
Semakin banyak Labschool
didirikan, semakin besar pula
kontribusi UNJ dalam
memajukan pendidikan dalam
langkah yang paling konkret.
Pengembangan
Labschool juga diposisikan
sebagai unit social business
strategis UNJ.
RASIONAL KERJASAMA
SEKOLAH LABORATORIUM
SEKTOR BISNIS LABSCHOOL
T E N T A N G K E R J A S A M A
Sekolah Laboratorium UNJ
mempunyai fungsi dan tugas
menyelenggarakan,
mengujicobakan,
mengembangkan praktek
pembelajaran, riset dan inovasi
pendidikan.
UNJ sebagai eks Lembaga Pendidik
dan Tenaga Kependidikan (LPTK)
memosisikan Labschool sebagai
sekolah Laboratorium. Adapun
cakupannya secara khusus dibagi
ke dalam tiga sektor: Praktikum,
Riset Kolaboratif, dan Resources
Praktisi Pendidikan.
Bisnis Labschool lebih sebagai
social business
1) Artinya tidak
hanya berorientasi pada
menghasilkan laba, tetapi lebih
dari itu, pengembangan
Labschool diupayakan untuk
membawa dampak dan
pembelajaran aktif, kreatif,
inovatif dan efektif. 2) Model
pendidikan inklusif, 3) Model
untuk gifted and talented:
akselerasi, enrichment atau
secara inklusif. 4) Penerapan
prinsip-prinsip sekolah
internasional: kurikulum,
bilingual.
RESOURCES SHARING
PRAKTISI PENDIDIKAN
Adanya kegiatan "praktisi
Labschool" masuk ke kelas
mahasiswa. Transfer
pengetahuan dari pendidik
Labschool adalah resources
penting bagi calon pendidik.
AKSES TERHADAP
LABSCHOOL SEBAGAI
PRAKTIKUM MAHASISWA
KONSEP DASAR SEKOLAH LABORATORIUM
Tersedianya akses khusus setiap
program studi ke Labschool.
Adapaun kegiatan praktikum
mencakup: Obervasi, magang,
praktik mengajar terbimbing,
Praktik mandiri.
RISET KOLABORATIF
T E N T A N G S E K O L A H L A B O R A T O R I U M
MODEL PRAKTIK BAIK
PENDIDIKAN
1) Action research diintegrasikan
dengan praktikum. Riset dosen
kolaboratif yang terhubung
dengan LPPM UNJ.
RAIHAN PRESTASI
Best practice sebagai rujukan
model praktik pendidikan,
pengembangan model:
1) Sejarah integritas
penyelenggaran pendidikan di
Labschool selama 50 tahun,
berdampak besar terhadap
animo masyarakat yang tinggi
terhadap Labschool. Tidak hanya
dilihat dari jumlah pendaftar yang
selalu melebihi kuota penerimaan,
tetapi juga raihan prestasi baik
akademik maupun non akademik
tingkat nasional dan internasional
menjadi dasar dalam citra
Labschool sebagai lembaga
pendidikan bermutu dan
berintegritas.
2) Pendidik di Labschool
menggunakan hasil riset
berdasarkan hasil penelitian.
dan raihan prestasi, kepercayaan
pemerintah, Alumni, citra publik
dan pemberitaan media, serta
pengalaman sekolah cabang
telah mengukuhkan citra
Labschool sebagai institusi
bermutu tinggi dan berintegritas
terpuji.
SISTIM MANAJEMEN
PENDIDIKAN
Tata kelola organisasi, dokumen
pengembangan dan
pengelolaan (Tata Kelola,
Renstra, Panduan, Penjaminan
Prestasi akademik dan
nonakademik di berbagai unit
Labschool, kiprah nasional dan
internasional, serta serapan
lulusan di berbagai universitas
terbaik dalam dan luar negeri,
serta raihan berbagai predikat
sekolah: sahabat keluarga,
sekolah rujukan dll, merupakan
dasar bagi Labschool terkait
mutu pendidikannya.
Dijadikannya
Labschool sebagai sekolah rujukan
oleh pemerintah menjadi
pelengkap selain aresiasi terhadap
Labschool yang juga muncul dalam
berbagai kesempatan terutama
dari berbagai tokoh nasional
pendidikan. Tentu saja, hal itu
didasarkan mutu pengelolaan
Labschool.
KONSEP DASAR SEKOLA BERMUTU DAN BERINTEGRITAS
IMAGE BRANDING
Sejarah 50 tahun oleh pakar
pendidikan, konsistensi kiprah
Kerjasama bidang pendidikan
menjadi sektor utama lain dalam
Social Businees Labschool UNJ.
Mutu;SOP; Borang Evaluasi,
pencitraan publik), serta adanya
organ riset dan kerjasama
bidang pendidikan, serta Sistem
Informasi Manajemen
Kerjasama dalam bentuk
Training
T E N T A N G S E K O L A H
B E R M U T U D A N
B E R I N T E G R I T A S
LABSCHOOL CENTER FOR THE
EXCELLENT (LCE)
LCE mencakup:
Kerjasama dengan pihak ketiga
penyelenggara layanan khusus
pendidikan.
Training terdiri atas Corporate
Training: Pelatihan untuk
pemangku kepentingan atau
manajemen sekolah, konsultan
pendidikan. Professional
Training: Pelatihan mutu SDM
berbasis kebutuhan atau topik
mutakhir. Riset Pendidikan
kebijakan pendidikan,
rekomendasi strategis
pengembangan makro
pendidikan, kajian dan teknis.
OPTIMALISASI SARANA
PRASARANA
Pemanfaatkan sarana dan
prasarana di lingkungan
labschool sebagai lini usaha
tambahan
EDUCATION SOCIAL
RESPONSIBILITY
Sektor pengabdian masyarakat
dalam rangka kontribusi yang
bersifat sosial dan berorientasi
pada peningkatan mutu
masyarakat terutama untuk
kalangan kelas ekonomi kurang.
Kerjasama ini melibatkan expert
sesuai dengan bidang layanan,
misal: Psikolog, Neurolog, dan
Therapist Perkembangan Anak.
Mekanisme kerjasama yaitu
dengan menjadikan expert
sebagai "member of faculty
Labschool.
SEKTOR SOCIAL BUSINESS LABSCHOOL UNJ LAIN-LAIN
Skema hasil usaha
didasarkan pada mekanisme
kerja sama, bagi hasil, dan
pengaturan prosentase income
berdasarkan layanan, ataupun
didasarkan pada sewa tempat
dan lokasi praktik.
Layanan Training melibatkan
expert bidang oleh praktisi di
Labschool dan akademisi UNJ,
maupun expert external sebagai
member of faculty Labschool
UNJ.
L A B S C H O O L U N J
C E N T E R F O R T H E
E X C E L L E N T , S C R L A B S