Arah pengembangan kerjasama Labschool didasarkan kepada prinsip keberlanjutan dan mempertimbangkan potensi Labschool baik sebagai sekolah yang didasarkan pada peran sebagai laboratorium pendidikan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) maupun sebagai sekolah sekolah sawasta nirlaba yang bermutu berintegritas maupun.

SEKOLAH BERMUTU DAN BERINTEGRITAS

Sekolah bermutu dan berintegritas terkait dengan bagaimana Labschool mempertahankan standar mutu dan kualitas kepada jejaring: peserta didik, orang tua, masyarakat dan pemangku kepentingan.
perubahan mutu pendidikan masyarakat dan leading sektor dalam Pendidikan di Indonesia.

Semakin banyak Labschool didirikan, semakin besar pula kontribusi UNJ dalam memajukan pendidikan dalam langkah yang paling konkret.
Pengembangan Labschool juga diposisikan sebagai unit social business strategis UNJ.

RASIONAL KERJASAMA

SEKOLAH LABORATORIUM
SEKTOR BISNIS LABSCHOOL

T E N T A N G
K E R J A S A M A

Sekolah Laboratorium UNJ mempunyai fungsi dan tugas menyelenggarakan, mengujicobakan, mengembangkan praktek pembelajaran, riset dan inovasi pendidikan.​
UNJ sebagai eks Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (LPTK) memosisikan Labschool sebagai sekolah Laboratorium. Adapun cakupannya secara khusus dibagi ke dalam tiga sektor: Praktikum, Riset Kolaboratif, dan Resources Praktisi Pendidikan.​
Bisnis Labschool lebih sebagai social business ​
1) Artinya tidak hanya berorientasi pada menghasilkan laba, tetapi lebih dari itu, pengembangan Labschool diupayakan untuk membawa dampak dan pembelajaran aktif, kreatif, inovatif dan efektif. 2) Model pendidikan inklusif, 3) Model untuk gifted and talented: akselerasi, enrichment atau secara inklusif. 4) Penerapan prinsip-prinsip sekolah internasional: kurikulum, bilingual.
RESOURCES SHARING PRAKTISI PENDIDIKAN
Adanya kegiatan "praktisi Labschool" masuk ke kelas mahasiswa. Transfer pengetahuan dari pendidik Labschool adalah resources penting bagi calon pendidik.
AKSES TERHADAP LABSCHOOL SEBAGAI PRAKTIKUM MAHASISWA

KONSEP DASAR SEKOLAH LABORATORIUM

Tersedianya akses khusus setiap program studi ke Labschool. Adapaun kegiatan praktikum mencakup: Obervasi, magang, praktik mengajar terbimbing, Praktik mandiri.
RISET KOLABORATIF

T E N T A N G
S E K O L A H
L A B O R A T O R I U M

MODEL PRAKTIK BAIK PENDIDIKAN
1) Action research diintegrasikan dengan praktikum. Riset dosen kolaboratif yang terhubung dengan LPPM UNJ.
RAIHAN PRESTASI
Best practice sebagai rujukan model praktik pendidikan, pengembangan model: 1) Sejarah integritas penyelenggaran pendidikan di Labschool selama 50 tahun, berdampak besar terhadap animo masyarakat yang tinggi terhadap Labschool. Tidak hanya dilihat dari jumlah pendaftar yang selalu melebihi kuota penerimaan, tetapi juga raihan prestasi baik akademik maupun non akademik tingkat nasional dan internasional menjadi dasar dalam citra Labschool sebagai lembaga pendidikan bermutu dan berintegritas.
2) Pendidik di Labschool menggunakan hasil riset berdasarkan hasil penelitian. dan raihan prestasi, kepercayaan pemerintah, Alumni, citra publik dan pemberitaan media, serta pengalaman sekolah cabang telah mengukuhkan citra Labschool sebagai institusi bermutu tinggi dan berintegritas terpuji.
SISTIM MANAJEMEN PENDIDIKAN
Tata kelola organisasi, dokumen pengembangan dan pengelolaan (Tata Kelola, Renstra, Panduan, Penjaminan
Prestasi akademik dan nonakademik di berbagai unit Labschool, kiprah nasional dan internasional, serta serapan lulusan di berbagai universitas terbaik dalam dan luar negeri, serta raihan berbagai predikat sekolah: sahabat keluarga, sekolah rujukan dll, merupakan dasar bagi Labschool terkait mutu pendidikannya.
Dijadikannya Labschool sebagai sekolah rujukan oleh pemerintah menjadi pelengkap selain aresiasi terhadap Labschool yang juga muncul dalam berbagai kesempatan terutama dari berbagai tokoh nasional pendidikan. Tentu saja, hal itu didasarkan mutu pengelolaan Labschool.

KONSEP DASAR SEKOLA BERMUTU DAN BERINTEGRITAS

IMAGE BRANDING
Sejarah 50 tahun oleh pakar pendidikan, konsistensi kiprah Kerjasama bidang pendidikan menjadi sektor utama lain dalam Social Businees Labschool UNJ.
Mutu;SOP; Borang Evaluasi, pencitraan publik), serta adanya organ riset dan kerjasama bidang pendidikan, serta Sistem Informasi Manajemen Kerjasama dalam bentuk Training

T E N T A N G
S E K O L A H
B E R M U T U
D A N
B E R I N T E G R I T A S

LABSCHOOL CENTER FOR THE EXCELLENT (LCE)
LCE mencakup: Kerjasama dengan pihak ketiga penyelenggara layanan khusus pendidikan.
Training terdiri atas Corporate Training: Pelatihan untuk pemangku kepentingan atau manajemen sekolah, konsultan pendidikan. Professional Training: Pelatihan mutu SDM berbasis kebutuhan atau topik mutakhir. Riset Pendidikan kebijakan pendidikan, rekomendasi strategis pengembangan makro pendidikan, kajian dan teknis.
OPTIMALISASI SARANA PRASARANA
Pemanfaatkan sarana dan prasarana di lingkungan labschool sebagai lini usaha tambahan
EDUCATION SOCIAL RESPONSIBILITY
Sektor pengabdian masyarakat dalam rangka kontribusi yang bersifat sosial dan berorientasi pada peningkatan mutu masyarakat terutama untuk kalangan kelas ekonomi kurang.
Kerjasama ini melibatkan expert sesuai dengan bidang layanan, misal: Psikolog, Neurolog, dan Therapist Perkembangan Anak. Mekanisme kerjasama yaitu dengan menjadikan expert sebagai "member of faculty Labschool.

SEKTOR SOCIAL BUSINESS LABSCHOOL UNJ LAIN-LAIN

Skema hasil usaha didasarkan pada mekanisme kerja sama, bagi hasil, dan pengaturan prosentase income berdasarkan layanan, ataupun didasarkan pada sewa tempat dan lokasi praktik.
Layanan Training melibatkan expert bidang oleh praktisi di Labschool dan akademisi UNJ, maupun expert external sebagai member of faculty Labschool UNJ.
L A B S C H O O L
U N J
C E N T E R
F O R
T H E
E X C E L L E N T , S C R
L A B S
vector-wuri-handayani-warna-0
Persatuan_Guru_Republik_Indonesia